LSP Penerbitan & Universitas Hasanuddin Sukses Selenggarakan Sertifikasi Kompetensi Penerbitan (Penulisan-Penerbitan Ilmiah) bagi 193 Akademisi

Kerja Sama LSP Penerbitan dengan Universitas Hasanuddin

Pada tanggal 5—6 Oktober 2023, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penerbitan menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi bagi para pengajar (dosen) Universitas Hasanuddin. Bertempat di Unhas Hotel & Convention Center, sebanyak 193 peserta antusias mengikuti sertifikasi kompetensi. Kerja sama antara LSP Penerbitan dengan Universitas Hasanuddin ini bertujuan meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para pengajar Unhas dalam dunia penerbitan ilmiah. Terutama, pada dua skema uji, yaitu penulis artikel ilmiah dan penelaah karya tulis ilmiah.

LSP PENERBITAN

Skema Uji Sertifikasi yang Diikuti

Dari 193 peserta, sebanyak 136 peserta memilih untuk mengikuti skema uji penulis artikel ilmiah, sementara 57 peserta lainnya memilih skema uji penelaah karya tulis ilmiah. Kehadiran mereka menunjukkan kesadaran akan pentingnya memiliki kompetensi yang memadai dan terstandardisasi dalam bidang penerbitan ilmiah.

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi

1. Karier

Sertifikat berlisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dapat menunjang karier di dunia penulisan-penerbitan. Program atau proyek penulisan- penerbitan yang dilaksanakan pemerintah dan swasta akan mewajibkannya.

2. Penghargaan

Jika selama ini penulisan buku atau editor masih kurang dipandang di Indonesia sebagai profesi, sertifikasi adalah jawaban bahwa pekerjaan ini juga memerlukan keahlian yang perlu dihargai.

3. Pengakuan Kompetensi

Anda tentu bangga ketika mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai bukti bahwa Anda telah mengikuti proses pelatihan. Tentu saja Anda akan lebih bangga mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai pengakuan terhadap kapabilitas Anda.

Manfaat Sertifikasi Kompetensi

Sertifikasi ini memberikan manfaat yang signifikan, baik bagi individu maupun masyarakat luas. Bagi individu, sertifikasi kompetensi menjadi bukti konkret bahwa mereka telah memenuhi standar tertentu dalam hal penulisan artikel ilmiah atau penelaahan karya tulis ilmiah. Ini berarti bahwa pemegang sertifikat dapat diandalkan untuk menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik dan profesional. Ini juga membuka pintu untuk peluang karir yang lebih baik dan pengakuan yang lebih luas dalam dunia akademis dan penerbitan ilmiah.

img1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *